Blogger, Juru Bicara Lingkungan?



Bekasi Bersih Berkat Kaum Blogger. Inilah kira-kira yang menjadi roh pertemuan blogger yang tergabung dalam Amprokan Blogger 2010 oleh Komunitas Blogger Bekasi. Acara ini sangat menarik karena membawa misi besar bagi kemajuan kota Bekasi ke depan, khususnya dalam hal lingkungan hidup. Panitia Blogger bekasi—hemat saya—sangat menyadari betul peran blogger dalam mendorong kemajuan bangsa. Sebab, para blogger concern dalam pergulatan ide dan gagasan. Dan perubahan sejatinya dimulai dari gagasan atau konsep.
Kepedulian terhadap lingkungan, kaum blogger seharusnya mengambil peran. Sebab, isu tentang lingkungan merupakan masalah penting. Jika tidak diperhatikan secara serius, bukan hanya lingkungan sekitar yang kita tempati yang akan terancam, tapi dunia secara keseluruhan dipertaruhkan. Kalau beberapa abad silam masyarakat ketika itu tidak berpikir bahwa besi yang sangat berat bisa terbang, namun hari ini besi terbang menjadi kenyataan, dibuktikan dengan hadirnya pesawat meluncur dengan kecepatan tinggi di udara.
Kita sekarang tidak perbah membayangkan dunia tanpa manusia. Jika perhatian kita pada lingkungan hidup absen, tidak menutup kemungkinan suatu saat nanti apa yang tidak terbayangkan (atau sekalipun dibayangkan tapi tidak terlalu mempercayainya) dunia ini tidak layak huni sehingga dunia harus dikosongkan dari manusia. Hemat saya, di sinilah pentingnya pertemuan kaum blogger sebagai “juru bicara kedamaian dan keamanan” bagi lingkungan.
Sungguh menyenangkan pertemuan kali ini. Sepanjang hari kawan-kawan diajak menjelajahi sisi-sisi menarik kota Bekasi, termasuk melihat pemandangan kota (lingkungan). Saya berada di bus V. Beruntung bus saya terakhir sehingga ketinggalan dengan bus lainnya. Beruntung karena saya diajak menjelajahi kota Bantar Gebang Bekasi di mana tempat ini terkenal dengan gunung sampah.
Pengamatan selama diperjalanan, kelihatannya perhatian Bekasi terhadap daerah Bantar Gebang luar biasa. Pemerintah kota Bekasi sangat peduli lingkungan. Sebab, lingkungan di sekitar Bantar Gebang sudah membaik dibanding tahun-tahun sebelumnya. Sepanjang perjalanan saya dan teman-teman cerita tentang kondisi Bekasi di masa lalu. Teman saya mengatakan bahwa daerah ini sudah jauh lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya. Go Green yang dicanangkan bekasi berarti ada bukti kongkrit di lapangan.
Perjalaan selanjutnya kita dibawa ke Cikarang di mana tempat ini sangat bagus lingkungannya,lebih tepatnya daerah Jababeka. Di sini teman-teman bersilaturahmi dengan pihak kampus President University. Setelah itu kawan-kawan diajak keliling melihat lingkungan sekitar. Puncaknya, teman-teman diajak memperingati ulang tahun pepohonan di perkebunan. Aneh memang. Bukan hanya manusia yang diperingati ulang tahunnya. Tapi juga pepohonan.
Malam harinya teman-teman ketemu dengan H.Mochtar Mohammad, wali kota bekasi. Kawan-kawan blogger melihat ajang kreasi group band yang sebelumnya dilombakan dalam rangka menyambut HUT Bekasi ke-13. Acara itu dilanjutkan dengan Talk Show bersama Rose Heart Writers, blogger terkenal sekaligus artis di negeri ini. Artis yang biasanya dikenal hedonis mala mini berubah menjadi primadona yang cita-cita dan semangatnya menjadi impian kaum blogger. Setelah itu, H. Mochtar Mohammad memberi sepatah dua patah kata guna menyemangati kaum blogger. Bahkan, H. Mochtar Mohammad memberi challenge kepada para blogger jika bias berkontribusi dalam membangun Bekasi, peringatan HUT Bekasi setiap tahaunnya akan mengundang kaum blogger.mampukah kaum blogger menjawab tantangan waali kota?
Hikmah dari acara ini, menurut saya, bagaimana kaum blogger mensosialisasikan gagasan-gagasan tentang lingkungan agar lingkungan bisa lebih diperhatikan publik. Usaha yang cukup serius ini adalah tugas kaum terdidik, seperti para blogger. Singkatnya, para blogger seharusnya mengambil peran penting dalam melestarikan lingkungan hidup. Isu lingkungan niscaya diwacanakan guna melahirkan kecerdasan dan kesadaran masyarakat. Menurut anda bagaimana?

0 Response to "Blogger, Juru Bicara Lingkungan?"

Posting Komentar

tinggalkan pesan

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme