Membuat Jaringan Pada VMWare

Banyak sekali jalan kita untuk mempelajari suatu hal, mulai dari cara nyata maupun secara virtual. “Memang hal apa saja yang bisa kita pelajari secara virtual???”, jawabannya adalah Banyak hal, salah satunya adalah belajar jaringan secara virtual. “Bagaimana caranya???”, ok saya akan jelaskan.

Belajar jaringan secara virtual memiliki keuntungan tersendiri bagi kita, salah satunya adalah irit biaya dan ruang. Coba anda pikirkan jika kita lakukan sacara nyata !!! tentu sangat mengguras biaya, mulai dari pembelian kabel UTP, konektor RJ-45 dan perangkat untuk membangun suatu jaringan (gak kebayang repotnya, apalagi hanya untuk belajar menyambungkan suatu jaringan).
Sekarang kita mulai saja pembahasannya, disini anda membutuhkan software VMWare Wokstation yang bisa anda download di www.vmware.com. Setelah anda memiliki software tersebut, anda harus menginstall terlebih dahulu software tersebut. Saya asumsikan anda telah selesai menginstallnya, maka sekarang anda harus membuat terlebih dahulu Guest OS pada VMWare Wokstation, Guest OS adalah OS yang di install pada system virtual sehingga kita dapat menginstall suatu OS dalam Host OS / OS yang sedang kita pakai sekarang atau bisa dikatakan Guest OS adalah OS dalam OS. Pada tutorial kali ini saya menggunakan XP SP3 sebagai Host OS maupun Guest OS (anda bisa menggunakan XP versi berapapun).
Saya berasumsi bahwa anda telah menginstall suatu OS pada VMWare Wokstation, langkah selanjutnya kita harus mengkonfigurasi LAN card yang telah disediakan oleh VMWare ketika kita menginstallnya (biasanya diberikan VMware Network Adapter VMnet1 untuk host-only dan VMware Network Adapter VMnet8 untuk NAT). Hal pertama yang harus anda lakukan adalah membuka VMWare Wokstation dan menjalankan Guest OS anda yang telah diinstall sebelumnya. Lalu pada VMWare Wokstation klik edit > Virtual Network Editor… (dalam tutorial ini saya hanya menjelaskan tentang koneksi host-only)




Maka selanjutnya masuk ke tab Host Virtual Network Mapping, lalu kita pilih VMnet1 dan kita klik tanda “ >” maka akan keluar pilihan konfigurasi untuk subnet dan DHCP.




Selanjutnya kita setting dahulu untuk subnet, pada jendela subnet bisa anda isi sesuai gambar dibawah.





Setelah kita mensetting untuk subnet, sekarang kita harus mensetting DHCP. Pada jendela ini, anda dapat mensesuaikan dengan gambar dibawah ini.


Karena kita mengisikan range IP dari 192.168.0.1/123 maka ketika mensetting IP address pada Guest OS maupun Host OS harus diantara sama dengan 192.168.0.1/123. Selanjutnya kita harus mensetting IP address untuk Host OS dan juga Guest OS, untuk settingan Host OS kita masuk ke control panel > network connections > klik kanan pada VMware Network Adapter VMnet1 > properties > cari internet protocol (TCP/IP) > klik properties > pilih use the following IP address > isi seperti gambar dibawah ini.




Untuk settingan pada Guest OS, IP addressnya kita isikan 192.168.0.3 dan subnet mask isikan sesuai gambar di atas. Setelah semua tersetting, maka kita bisa test menggunakan perintah ping pada Command Prompt. Misalkan kita ingin mengetes IP address pada Host OS terhadap Guest OS maka kita ketikan “ping 192.168.0.3” pada command prompt (jangan lupa untuk mematikan atau membuka port pada Firewall). Jika test ping berhasil akan keluar output seperti gambar dibawah ini,




Untuk test ping dari Guest OS ke Host OS dapat dilakukan hal yang sama dengan merubah IP address menjadi “ping 192.168.0.1”. Jika semua tanpa kendala maka SELAMAT ANDA BARU SAJA MEMBUAT SUATU JARINGAN KECIL PADA SATU KOMPUTER SAJA. Terima kasih atas perhatiannya, semoga bermanfaat.




1 Response to "Membuat Jaringan Pada VMWare"

  1. terima kasih atas ilmunya semoga berkah gan...

Posting Komentar

tinggalkan pesan

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme